Kegiatan Akademik

Kelas Ekskul dan Vokasi

Kelas Ekskul dan Vokasi merupakan program pengembangan minat dan bakat Peserta Didik. Kelas Ekskul terdiri dari kegiatan Pramuka, Tata Boga dan Membatik.

Kegiatan Pramuka yang diberikan bersifat dasar dan praktikal, seperti definisi Pramuka, lambang, atribut, tepuk dan yel serta PBB dasar.

Program tata boga meliputi aktivitas praktik yang Peserta Didik lakukan untuk mengembangkan beberapa teknik memasak seperti mengupas, memotong, menggoreng, mengkukus, merebus, dan lain-lain. Menu makanan yang dibuat merupakan variasi dari makanan yang biasa Peserta Didik konsumsi sehari-hari.

Program membatik meliputi pengenalan batik dan praktik membatik secara langsung. Pada program ini, pembelajaran setiap tahapan diberikan dengan bertahap dan dengan pendampingan tutor yang ahli di bidangnya.

Seni Budaya dan Prakarya (SBDP)

Kegiatan pengenalan Budaya melalui aktivitas bermusik dan menari. bermusik dan menari juga menjadi media pembelajaran Peserta Didik melatih motorik kasar serta minat dan bakatnya terhadap bidang tertentu.

Kegiatan prakarya meliputi aktivitas membuat dan mengkreasikan seni melipat, seni mewarnai, maupun seni menggambar yang Peserta Didik miliki. Melalui kegiatan membuat prakarya juga dapat mengoptimalkan kemampuan motorik halus Peserta Didik

Pendidkan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)

Kegiatan olahraga yang mengenalkan dan mempraktikkan beberapa jenis cabang olahraga seperti sepak bola, bola basket, bounch, bulutangkis, atletik, renang, dan lain-lain. Selain itu, Peserta Didik juga ditanamkan pentingnya menjaga kesehatan jasmani serta upaya konkritnya.

Pendidikan Agama

Kelas Pendidikan Agama diberikan setiap minggu sesuai dengan Agama yang Peserta Didik anut. Materi Pendidikan Agama berdasarkan standar KIKD serta pengembangan kebutuhan Peserta Didik secara praktikal.

Program Khusus

Program Khusus merupakan kelas yang ditujukan untuk masing-masing Peserta Didik sesuai dengan karakteristik dan potensi yang dimiliki.Program Kekhususan yang ada di sekolah khusus kak seto adalah

a.      Pengembangan orientasi, mobilitas, sosial, dan komunikasi serta braille;

b.     Pengembangan komunikasi, persepsi bunyi dan irama;

c.      Pengembangan diri atau bina diri;

d.     Bina dir dan bina gerak; dan

e.      Pengembangan komunikasi, interaksi sosial dan perilaku

Pada program ini, Peserta Didik akan didampingi oleh Guru yang kompeten di setiap bidang.

KBM Tematik

Kegiatan belajar dan mengajar yang dilakukan sesuai tingkatan kelas dan karakteristik Peserta Didik. Media pembelajaran menggunakan Buku Siswa dan media pengembangan lainnya yang dimodifikasi oleh Guru/Wali kelas. Kegiatan Belajar Mengajar Tematik meliputi beberapa mata pelajaran utama seperti Matematika, Bahasa Indonesia, PKN, IPA dan IPS.